CNN: Penjualan Positif, Mazda Optimistis Capai Target Tahun Ini

Share This Page

Read the full article here.

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Mazda Motor Indonesia (MMI) optimistis meraih penjualan 10 ribu unit mobil tahun ini. Acuannya adalah capaian pertumbuhan penjualan Mazda yang masih positif, dibandingkan pertumbuhan penjualan mobil dalam negeri yang terus merosot sepanjang 9 bulan pertama 2015. 

Presiden Direktur MMI, Keizo Okue mengatakan bahwa penjualan dari Januari hingga September tahun ini tumbuh 3 persen, lebih besar dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini juga lebih besar dibandingkan pertumbuhan penjualan industri otomotif nasional yang turun 15,2 persen pada periode yang sama. 

"Tahun ini kami targetkan 10 ribu unit karena melihat data penjualan kami yang mencatat pertumbuhan hingga kuartal III tahun ini. Atas dasar itu, kami tak ingin merevisi angka target kami," kata Okue di Jakarta, Rabu (28/10). 

Kendati demikian, ia mengakui target itu tidaklah terlalu optimistis. Pasalnya, saat ini keadaan penjualan otomotif terkesan tak menentu dari waktu ke waktu.

"Tetap banyak tantangannya, tapi kami berharap banyak penjualan di tiga bulan terakhir ini bisa berkontribusi besar bagi penjualan produk kami hingga akhir tahun," katanya.

Atas dasar itu pula, perusahaan belum berani memasang target macam-macam untuk tahun depan. "Tapi bukan berarti kami pesimistis, karena kami tetap mengharapkan penjualan tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini," ucapnya.

Penjualan Mazda hingga kuartal III 2015 tercatat di angka 7.178 unit, atau masih 71,8 persen dari target tahun ini. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, Mazda telah menjual mobil sebanyak 6.816 unit.

Sedangkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan adanya penurunan penjualan mobil dari angka 896.724 unit dari Januari hingga September tahun lalu ke angka 760.017 unit pada tahun ini. Gaikindo sendiri berharap bisa membukukan penjualan sebesar 950 ribu hingga 1 juta unit mobil terjual tahun ini setelah merevisi target penjualan 1,1 juta unit mobil terjual.