Koran Sindo: Mobil Bebas Masalah di Indonesia

Share This Page

Read the full article online here.

MITSUBISHI Pajero Sport, Toyota Rush, dan Toyota Agya disimpulkan merupakan mobil yang bebas masalah selama tahun ini berdasarkan hasil riset JD Power. Apa yang menyebabkan ketiga mobil tersebut jadi bebas complain? 

Lembaga riset JD Power baru-baru ini merilis daftar mobil bebas masalah yang ada di Indonesia. Dari riset bertajuk Indonesia Initial Quality Study (IQS ) 2015 itu, JD Po - wer melakukan evaluasi terhadap 2.902 pemilik kendaraan yang baru membeli kendaraan mereka antara September 2014 hingga Agustus 2015. 

Studi ini meliputi 11 merek ken - daraan berbeda, termasuk 41 model kendaraan penumpang dan utilitas yang berbeda. Studi ini dilaksanakan antara bulan Mei hingga November 2015. Hasil studi tersebut mene - mukan bahwa kualitas kendaraan di Indonesia menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Beberapa peningkatan bahkan terjadi di segmen entry compact dan SUV. 

Dalam penelitian tersebut, dua mobil Toyota, yakni Toyota Agya dan Toyota Rush menjadi mobil yang paling sedikit masalah di segmen entry compact dan entry SUV. Sementara itu, di segmen SUV, Mitsu - bishi Pajero Sport merupakan mobil paling bebas masalah jika dibandingkan dengan SUV lainnya, seperti Toyota Fortuner dan Honda CR-V. 

Selain itu, Honda Mobilio menjadi mobil yang bebas keluhan di segmen entry MPV. Adapun untuk segmen MPV Nissan Grand Livina paling jarang kena complain . Menurut JD Power, nama-nama mobil tersebut didapat dengan mengukur masalah dari pemilik kendaraan baru dalam jangka waktu dua bulan hingga enam bulan pertama masa kepemilikan. 

Selain itu, pemilik kendaraan dimintai keterangan mengenai lebih dari 200 masalah dalam delapan kategori kendaraan (disusun dari frekuensi masalah yang dilaporkan): pengalaman berkendara; mesin dan transmisi; interior kendaraan; pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC); eksterior kendaraan; audio, entertainment dan navigasi; fitur dan display ; dan tempat duduk. 

Kualitas awal ditentukan oleh jumlah rata-rata masalah yang dialami per 100 kendaraan (PP100), dengan nilai terendah menunjukkan kualitas yang lebih tinggi. Contohnya, Toyota Agya yang mendapat nilai 59. Nilai ini terendah dibandingkan Daihatsu Ayla dengan nilai 91 dan Suzuki Karimun Wagon- R dengan nilai 98. 

“Mengingat kondisi ekonomi yang menantang, penting bagi pasar untuk memiliki kendaraan entrylevel dengan kinerja kualitas tinggi untuk menarik pembeli pertama,” kata Kaustav Roy, Direktur JD Power. 

Selain merilis nama-nama mobil bebas masalah, JD Power juga menemukan informasi penting lainnya dalam studi tersebut. Diketahui, pemilik mobil SUV merupakan pemilik yang paling sedikit melaporkan adanya masalah. Jika SUV menjadi mobil yang meningkat, sebaliknya Entry MPV, justru jadi mobil yang selalu ber ma - salah.