Pemilik mengalami kejadian masalah yang lebih tinggi dengan peningkatan jarak tempuh kendaraan yang tercapai secara keseluruhan untuk kendaraan baru, temuan J.D. Power

(624.44 KB)

Share This Page

Honda, Daihatsu, Mitsubishi dan Suzuki Masing-Masing Menerima satu Penghargaan Kualitas Awal Dalam Segmen Yang Berbeda

SINGAPURA: 31 Jan. 2018 — Para pemilik kendaraan baru mengalami permasalahan awal yang lebih tinggi dalam hal kualitas sebagai akibat dari peningkatan penggunaan kendaraan, menurut J.D. Power 2017 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS), yang dirilis hari ini.

Secara keseluruhan, kualitas awal rata-rata pada tahun 2017 adalah 109 PP100, dibandingkan dengan 70 PP100 pada 2016. Peningkatan ini dipengaruhi terutama oleh banyaknya jumlah permasalahan yang diukur dalam empat kategori berikut: mesin dan transmisi (+8 PP100); audio, hiburan atau navigasi (+8 PP100); interior kendaraan (+7 PP100); dan pengalaman berkendara (+6 PP100). Kualitas awal diukur sebagai jumlah rata-rata permasalahan yang dialami per 100 kendaraan (PP100), di mana skor yang lebih rendah mencerminkan kualitas yang lebih tinggi.

Studi menemukan 45% dari pemilik kendaraan tahun ini telah mengemudikan kendaraan mereka lebih dari 6.000 kilometer dalam dua hingga enam bulan pertama kepemilikan, naik dari sebelumnya 41% di tahun 2016. Jumlah rata-rata kilometer perjalanan selama periode kepemilikan ini juga meningkat menjadi 8.553 kilometer, naik dari sebelumnya 6.928 kilometer di tahun lalu. Hal ini lalu memunculkan permasalahan kualitas awal yang lebih tinggi dari pemilik.

“Sama seperti beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia, dan ini menyebabkan pemilik kendaraan banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraannya,” ungkap Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura. “Semakin banyak waktu yang dihabiskan pemilik kendaraan di dalam kendaraannya, mereka akan menjadi semakin sadar akan masalah kendaraan terkait dengan kenyamanan mereka saat mengemudi; pengunaan audio, hiburan atau sistem navigasi; dan interior, selain beberapa faktor di area lainnya. Produsen perlu memastikan bahwa fitur-fitur seperti ini sebaiknya dirancang untuk dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.”

Berikut adalah beberapa penemuan utama dari studi ini:

  • Tren yang konsisten untuk tipe masalah: Di antara 10 masalah teratas yang dialami pemilik kendaraan selama tahun 2017, tujuh di antaranya merupakan masalah yang selalu dilaporkan selama 3 tahun terakhir, di mana 44% dari masalah ini berkaitan dengan cacat atau kerusakan. 
  • Masalah kualitas awal yang dialami bervariasi menurut kelompok usia: Tahun ini pemilik kendaraan dengan usia yang lebih muda (di bawah 35 tahun) mengalami lebih banyak masalah kualitas awal dibandingkan pemilik kendaraan yang berusia 35 tahun ke atas (masing-masing 125 PP100 vs. 99 PP100). Lebih banyaknya masalah terutama terjadi pada kategori berikut: pengalaman berkendara (+7 PP100); interior kendaraan (+5 PP100); eksterior kendaraan (+4 PP100); serta mesin dan transmisi (+4 PP100). 
  • Masalah kualitas awal mengalami peningkatan paling banyak di dua segmen entry-level: Peningkatan terbesar dalam masalah kendaraan dari tahun ke tahun ada di segmen Entry SUV (+42 PP100), yang diikuti dengan segmen Entry MPV dengan 39 PP100. 
  • Lebih sedikit masalah dengan adanya penjelasan tentang pengoperasian fitur: Pemilik mengalami lebih sedikit masalah jika mereka menerima penjelasan terperinci mengenai pengoperasian fitur kendaraan baru mereka saat pengiriman kendaraan, dibandingkan yang tidak (masing-masing 95 PP100 dan 172 PP100). 

Peringkat Studi

Daihatsu Ayla menempati peringkat tertinggi dalam segmen Entry Compact (87 PP100), dan Honda HR-V menempati peringkat tertinggi dalam segmen Entry SUV (77 PP100).

Mitsubishi Pajero Sport menempati peringkat tertinggi dalam segmen SUV (51 PP100) dan Suzuki Ertiga menempati peringkat tertinggi dalam segmen Entry MPV (71 PP100).

Studi mengenai kualitas awal di Indonesia atau Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2017 didasarkan pada evaluasi dari 2.664 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara bulan September 2016 dan Agustus 2017. Studi ini mencakup sembilan merek dan 51 model mobil penumpang dan kendaraan utilitas. Studi ini dilaksanakan dari Maret sampai dengan Oktober 2017. 

Studi ini mengukur masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam jangka waktu dua sampai enam bulan pertama kepemilikan dan memeriksa lebih dari 200 buah masalah dalam delapan kategori kendaraan (tercantum dalam urutan frekuensi masalah yang dilaporkan): mesin dan transmisi; pengalaman berkendara; interior kendaraan; eksterior kendaraan; fitur, kontrol dan tampilan; pemanas, ventilasi dan pendingin (HVAC); audio, hiburan atau navigasi; dan tempat duduk. 

Kontak Media Relations

Aisling Carty; J.D. Power; Singapura; 65-3165-0119; aisling.carty@jdpa.com

Geno Effler; J.D. Power; Costa Mesa, California, USA; 001‐714-621-6224; media.relations@jdpa.com

Tentang J.D. Power di Wilayah Asia Pasifik

J.D. Power mempunyai kantor perwakilan di Singapura, Bangkok, Beijing, Shanghai dan Tokyo yang mengadakan penelitian tingkat kepuasan konsumen dan memberikan layanan konsultasi di bidang otomotif, teknologi informasi, dan keuangan di Asia Pasifik. Bersama-sama, kelima kantor perwakilan ini menerjemahkan kepuasan pelanggan kepada kalangan konsumen dan bisnis di Australia, Cina, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam. J.D. Power adalah perusahaan portofolio dari XIO Group, perusahaan global investasi alternatif dan perusahaan equitas swasta yang berkantor pusat di London dan dipimpin oleh empat pendirinya: Athene Li, Joseph Pacini, Murphy Qiao dan Carsten Geyer. Informasi lebih lanjut tentang J.D. Power dan produk-produknya dapat diakses di asean-oceania.jdpower.com.

Tentang J.D. Power dan Iklan/Peraturan Promosi www.jdpower.com/business/about-us/press-release-info

Media Contacts

Singapore
65-3165-0119
Costa Mesa, California
(714) 621-6224