Temuan J.D. Power: Penjelasan mengenai Fitur Kendaraan Menambah Pengalaman Belanja

(618.17 KB)

Share This Page

Daihatsu Peringkat Tertinggi di Indonesia untuk Kepuasan Penjualan

SINGAPURA: 25 Oktober 2018 — Dengan berkembangnya fitur-fitur canggih dan high-tech yang tersedia di model-model kendaraan baru, pelanggan semakin mengandalkan para konsultan sales untuk memperagakan fitur-fitur tersebut saat berbelanja dan proses delivery, menurut Studi Indeks Kepuasan Penjualan Indonesia tahun 2018 dari J.D. Power yang diterbitkan hari ini.

Tingkat kepuasan pelanggan yang mendapatkan penjelasan menyeluruh mengenai fitur/manfaat kendaraan saat melakukan pembelian dan proses delivery (55%) adalah lebih tinggi dari tingkat kepuasan pelanggan yang tidak menerima penjelasan pada kedua kesempatan tersebut (masing-masing 827 vs. 787, dengan skala 1.000-poin).

Studi ini juga menemukan bahwa 61% pelanggan mendapatkan petunjuk bagaimana mengoperasikan fitur-fitur pada kendaraan baru mereka saat proses delivery, sehingga terdapat tingkat kepuasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 39% pelanggan yang tidak mendapatkan petunjuk penggunaan (masing-masing 826 vs. 780).

“Pembeli kendaraan di Indonesia menghargai panduan yang diberikan saat transaksi pembelian, terutama terkait fitur-fitur yang baru di pasaran,” jelas Srabani Bandyopadhyay, Country Manager untuk J.D. Power Indonesia. “Konsultan sales yang menggunakan alat digital untuk memperagakan fitur-fitur tersebut membantu pelanggan untuk terlibat lebih jauh dengan produknya dan menambah keseluruhan pengalaman penjualan.”

Studi ini juga menemukan bahwa pemeggang pengaruh utama pada keputusan pelanggan untuk membeli adalah teman/keluarga (61%); pameran kendaraan (56%); display kendaraan di pusat-pusat perbelanjaan/mal (46%); panduan harga kendaraan (32%); dan rekomendasi pemilik diler/ konsultan sales diler (31%).

Berikut adalah temuan-temuan utama tambahan dari studi tersebut:

  • Masalah-masalah yang dialami saat membeli kendaraan: Hampir sekitar sepertiga dari pelanggan (29%) mengalami satu atau lebih masalah saat membeli kendaraan. Tingkat kepuasan lebih rendah pada pelanggan yang mengalami hal ini dibandingkan dengan yang tidak mengalami masalah (masing-masing 792 vs. 816). Masalah yang paling umum dikutip adalah keharusan kembali mengunjungi diler untuk urusan dokumen (18%) dan staf diler berusaha menambahkan item yang tidak diinginkan pelanggan ke dalam paket yang dibeli (16%).
  • Penggunaan internet saat membeli kendaraan: Tingkat kepuasan lebih tinggi pada pelanggan yang menggunakan internet saat melakukan pembelian kendaraan daripada pelanggan yang tidak menggunakan internet – menggarisbawahi pentingnya merk-merk kendaraan untuk menyediakan website yang menarik, mudah digunakan dan informatif (masing-masing 812 vs. 804).
  • Pelanggan setia memiliki pemahaman yang lebih baik: Tiga per empat (75%) dari pelanggan setia melakukan pencarian kendaraan yang akan dibelinya secara online, dibandingkan dengan 52% dari pelanggan pemula yang melakukan hal yang sama. Hampir tiga per empat (70%) pelanggan setia juga membandingkan harga dari beberapa diler sebelum membeli kendaraan dibandingkan dengan 41% pelanggan pemula.

Peringkat Studi

Daihatsu berada di peringkat tertinggi pada tingkat kepuasan sales dengan nilai 818. Datsun berada di perinkat kedua dengan nilai 812, dan Honda dan Suzuki bersaing ketat pada posisi ketiga dengan nilai 811.

Studi Indeks Kepuasan Penjualan (Mass Market) Indonesia 2018 merupakan sebuah analisa menyeluruh pada pengalaman membeli dan delivery kendaraan. Studi ini berdasarkan respon dari 2.665 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Agustus 2017 dan Juli 2018 dan dikumpulkan antara Februari dan September 2018.

Kini di tahun ke-18, studi ini telah di desain ulang dan pemeriksaan secara menyeluruh pada lima factor yang berkontribusi pada tingkat kepusasan pelanggan terhadap pengalaman membeli kendaraan baru in segmen pasar umum. Dalam urutan tingkat kepentingan, factor-faktor tersebut adalah konsultan sales diler (23%); fasilitas diler (23%); menghasilkan kesepakatan (19%); proses delivery (19%); dan kelengkapan dokumen (16%).

Studi ini juga memasukan Net Promoter Score® (NPS),[1] yang mengukur kemungkinan pelanggan merekomendasikan kendaraan mereka dengan skala 0-10.

Kontak Media Relations

Aisling Carty; J.D. Power; Singapura; 65-3165-0119; aisling.carty@jdpa.com

Geno Effler; J.D. Power; Costa Mesa, Calif., USA; 001-714-621-6224; media.relations@jdpa.com

Tentang J.D. Power di Kawasan Asia Pasifik

J.D. Power mempunyai kantor perwakilan di Singapura, Bangkok, Beijing, Shanghai dan Tokyo yang mengadakan penelitian tingkat kepuasan konsumen dan memberikan layanan konsultasi di bidang otomotif, teknologi informasi dan keuangan di Kawasan Asia Pasifik. Bersama-sama, kelima kantor perwakilan ini menerjemahkan kepuasan pelanggan kepada kalangan konsumen dan bisnis di Australia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, UAE dan Vietnam. J.D. Power adalah perusahaan portfolio dari XIO Group, perusahaan global investasi alternatif dan perusahaan ekuitas swasta yang memiliki kantor pusat di London dan dipimpin oleh empat pendirinya: Athene Li, Joseph Pacini, Murphy Qiao dan Carsten Geyer. Informasi mengenai J.D. Power dan produknya dapat diakses melalui internet di  asean-oceania.jdpower.com.

Tentang J.D. Power dan Iklan/Peraturan Promosi www.jdpower.com/about-us/press-release-info


[1] Net Promoter,® Net Promoter System,® Net Promoter Score,® NPS,® dan emotikon terkait NPS merupakan merk terdaftar Bain & Company, Inc., Fred Reichheld and Satmetrix Systems, Inc.

Media Contacts

Singapore
65-3165-0119
Costa Mesa, California
(714) 621-6224